Tuesday, May 02, 2006

Hari Pendidikan Nasional 2006

Hari Pendidikan Nasional yg jatuh pada hari ini, kalau boleh dibilang tidak ada "sesuatu" yg berarti bagi pendidikan itu sendiri di negeri indonesia ini. Padahal Pendidikan itu sendiri adalah modal dasar yg akan menjadi aset bagi seorang yg "besar" dalam kehidupannya. Bagaimana seseorang dapat membangun bangsa dan negerinya, bahkan untuk membangun diri-nya sendiri pun dia tak mampu?!? Sungguh ironis menurut pendapat saya, RUU Pendidikan Nasional yg beberapa saat lalu di-"gol" kan menjadi UU Pendidikan Nasional pun blum dapat membawa "perubahan" yang signifikan bagi pendidikan kita... well, biar bagaimanapun "perubahan" membutuhkan waktu... dan saya mendukung utk perubahan yg lebih baik! pertanyaannya adalah: berapa sih waktu yang dibutuhkan agar negeri Indonesia ini mempunyai banyak sekali sumber daya manusia yg berkualitas internasional? Anyway, saya sependapat dengan bung Andreas Harifa dalam bukunya "Menjadi Manusia Pembelajar; Kompas; 2000", bahwa sekolah bukanlah sekedar menjadi tempat menuntut ilmu, sekolah ada masanya, namun pembelajaran berlangsung seumur hidup... Setiap kali saya mengajar (dan mengingat posisi saya sebagai seorang pengajar), ada sebuah kerinduan dan keinginan yg begitu mendalam, agar setiap anak didik saya (mereka yg ingin disebut dan menyebut diri mereka sebagai "Mahasiswa") mengetahui, dan pada akhirnya memiliki dan bahkan menularkan semangat "manusia pembelajar" dalam diri mereka... Hari ini ketika ngobrol dengan pasangan saya, terdengar sebuah ungkapan yg klasik bagi saya, kira-kira seperti ini: "Yah, saya kan tidak berbakat dalam hal itu! tentu nantinya ..... " Bagi diri saya pribadi "bakat" tidak ada hubungannya sama sekali dengan kualitas kehidupan seseorang! Thomas Alfa Edison pun mempunyai pandangan dan pendapat yg sama, bagi beliau hanya dibutuhkan bakat sebanyak 1%, dan 99% kerja keras... so... saya sudah membuktikan hal tersebut... tidak ada yg tidak mungkin dalam hidup ini! pemimpin besar, orang sukses... bagi saya tidak ada bedanya dengan diri saya... ketika mereka memiliki semangat ini maka segala sesuatunya adalah mungkin.... www.pembelajar.com Have a Positive day!

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home