Thursday, June 01, 2006

Mengambil Keputusan Cepat dan Tepat

Apa pun keputusan yang diambil seseorang pasti memiliki makna penting, baik bagi orang lain maupun terhadap diri sendiri. Sebagaimana yang kerap kita saksikan, setiap keputusan pemimpin sangat ditunggu-tunggu berbagai kalangan dengan intensi dan kepentingan masing-masing. Kecil atau pun besar volume kelompok yang dipimpinnya, keputusan pemimpin sangatlah berarti, serius, serta berpengaruh besar dan luas. Kenyataan itu memberikan sekelebatan indikasi bahwa keputusan harus diambil tidak saja dengan hati-hati, tapi juga tegas dan diputuskan dengan berani dalam keadaan sadar. Ada dua hal yang dibedakan berdasarkan prosesnya, yakni memecahkan masalah (problem solving) dan membuat keputusan, terjemahan decision making. (Kurang pas diterjemahkan sebagai "mengambil" keputusan). Tak jarang orang memandangnya sama, kedua hal itu dianggap saling berkaitan. Kendati keduanya memiliki definisi yang berbeda. Pemecahan masalah merupakan serangkaian aktivitas manusia dalam menjalani kehidupannya. Aktivitas hidup tersebut meliputi berbagai sendi atau aspek, baik menyangkut hubungan antarpribadi, pekerjaan, maupun kehidupan sosial secara lebih luas. Semua aktivitas bertujuan untuk mencapai peningkatan kualitas manusia yang bersifat kontinu atau berkelanjutan. Manusia harus selalu kreatif saat memecahkan masalah yang dijumpai dalam keseharian hidupnya. Ada empat hal penting yang patut dimiliki seseorang agar mampu melampaui proses pemecahan masalah dengan baik. Pertama, pemahaman terhadap masalah yang sesungguhnya. Kedua, menguasai strategi pemecahan yang jitu. Ketiga, memiliki kemampuan dan keterampilan yang teruji, dan keempat, mengenali rintangan demi rintangan yang harus dihadapi. Secara garis besar, pendekatan kreatif dalam problem solving terbagi atas tiga bagian. Proses inventarisasi sebagai bagian pertama, diikuti bagian kedua, yakni identifikasi masalah, selanjutnya ketiga, diakhiri proses pemecahan dan penerapan. Hal ini dibahas lebih dahulu karena meskipun memiliki pengertian yang berbeda, dalam proses pemecahan masalah sering kali melibatkan tindakan membuat keputusan. Bagaimana Keputusan Dibuat? Matlin (1995) mendefinisikan pembuatan keputusan (decision making) sebagai tindakan seseorang untuk memilih satu atau lebih di antara berbagai kemungkinan yang ada dalam kondisi yang belum jelas. Pengertian ini memberikan gambaran bahwa keputusan juga mengandung unsur prediksi dan berisiko. Orang tentu menghendaki keberhasilan ketika mengambil keputusan dengan tepat. Namun begitu sering kita mendengar keputusan yang telah diambil membawa dampak buruk terhadap orang-orang sekitar. Mengapa hal ini terjadi? Keputusan terdiri atas dua bentuk yang saling bergantung. Pertama, keputusan pribadi, dibuat atas dasar kepentingan pribadi yang sedikit sekali melibatkan kehidupan orang lain. Kedua, keputusan kelompok, yakni keputusan yang dibuat demi kelangsungan dan masa depan suatu kelompok. Kelompok di sini dapat berupa organisasi sosial, profit, bahkan negara yang melibatkan kepentingan dan kesejahteraan rakyat pada umumnya. Keputusan kelompok paling sering dijumpai karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang hidup di dalam kelompok. Keputusan ini dipengaruhi pertimbangan-pertimbangan pribadi dari sang pembuat keputusan, plus mempertimbangkan pendapat dan situasi kelompok sebagai alternatif. Namun, sifat dari keputusan adalah dibuat. Jadi, semua bergantung pada pembuatnya. Bayangkan ketika seseorang membuat kue bolu, setidaknya ia harus menyediakan telur, tepung, gula dan sedikit mentega. Juga perlu memiliki alat pengocok, loyang cetakan, dan oven. Kue bolu akan mengembang dan enak rasanya apabila dibuat dengan ukuran-ukuran yang pas, tepat, tidak lebih atau kurang bahan. Satu lagi, dalam beberapa kejadian, telur tak dapat mengembang apabila konsentrasi dan emosi sang pembuat tidak fokus. Mungkin saja kocokannya jadi kurang kuat atau kecepatan dan arah adukan yang tidak stabil. Maka gagallah kue bolu itu. Analogi tersebut cukup enak dijadikan cermin. Dibuat atau tidak suatu keputusan yang melibatkan kepentingan banyak orang, betul-betul bergantung pada pembuatnya. Menya- dari ketersediaan bahan atau kesiapannya untuk fokus pada proses, bahkan kesungguhan hatinya dalam membuat keputusan, bisa saja sang pembuat memilih alternatif lain. Merasa belum siap dengan alternatif A, ketika banyak orang menunggu keputusannya itu dibuat, sang pembuat malah memilih menunda keputusannya. Penundaan dalam membuat keputusan adalah keputusan yang dibuat berdasarkan pertimbangan khusus. Biasanya lebih bersifat pribadi, karena hanya dirinya yang paling paham sejauh mana ia siap membuat keputusan penting tersebut. Sederhana saja memaknai proses sebuah keputusan dibuat. Berpijak pada pemahaman yang diusung Matlin, pilihan yang diambil dan dicetuskan oleh pembuat keputusan itulah yang merupakan keputusannya saat itu. Jadi sia-sialah barangkali jika anggota kelompok tertentu menunggu- nunggu keputusan yang mereka inginkan dibuat oleh pemegang otoritas pembuat keputusan. Yang menentukan bentuk keputusan itu bukan orang lain, meski masukan dan situasi kelompok selalu diapungkan menjadi alternatif sebagai bahan-bahan pertimbangan. Dengan tetap memegang definisi Matlin, kita tahu bahwa keputusan dibuat dalam kondisi yang tidak jelas alias masih diragukan ketepatannya dengan situasi yang ada. Membuat keputusan berarti siap dan berani menanggung segala risiko yang ditimbulkannya. Keputusan yang dibuat tentu saja akan teruji lewat respons lingkungan serta perubahan situasi dan kondisi. Mari, kita sedikit bermain logika matematika: semua A adalah semua B, jika dan hanya jika A sama dengan B dan B sama dengan A. Mudah- mudahan dapat digunakan untuk mengatakan, semua keputusan yang tidak pasti adalah kondisi yang tidak jelas, jika dan hanya jika keputusan yang tidak pasti sama dengan kondisi yang tidak jelas, dan sebaliknya. Mengapa harus membiarkan kondisi yang tidak jelas semakin diperkeruh dengan keputusan yang tidak pasti dan tidak tegas? Setiap orang pasti ingin menjadi pembuat keputusan yang lihai. Tidak ada salahnya belajar dari kesalahan orang lain dalam membuat keputusan, asalkan tidak mengulangi hal yang sama. Memecahkan Masalah Sudah kita lewati bahasan soal pemecahan masalah di atas tadi. Tahukah Anda keputusan yang Anda buat memetakan kepiawaian Anda memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan yang kian kompleks ini. Berarti pula memetakan kualitas kemanusiaan kita sebagai manusia. Dalam proses pemecahan masalah dicapai suatu keadaan seimbang ketika konflik teratasi. Bagaimana konflik atau masalah terpecahkan, tergantung bagaimana kesiapan empat pilar problem solving kita, plus pengambilan keputusan yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi. Kita tahu, situasi dan kondisi berubah-ubah dan belum jelas. Sering kali orang mendengungkan pameo: tiada yang abadi di muka bumi ini selain perubahan. Jadi, perubahan merupakan konsekuensi logis dari kondisi yang tak pernah menentu. Apabila kita tetap kesulitan menentukan sikap, ragu-ragu membuat keputusan, menunggu kepastian dan stabilitas kondisi, jelas tak mungkin. Lebih baik bersiap-siap saja menerima apa pun risiko dari keputusan yang dibuat. Kata orang bijak, bahan-bahan dalam membuat keputusan perlu dipersiapkan dengan baik. Bahan itu adalah pengetahuan yang tak henti ditambah, keberanian secukupnya, ketegasan yang tak berlebihan, dan kejujuran penuh. Orang bijak juga bilang, keputusan harus dibuat dengan bijak. Kalau begitu marilah kita belajar kepada yang bijak untuk menjadi bijak. Sumber: Mengambil Keputusan Cepat dan Tepat oleh Rinny Soegiyoharto, psikolog bekerja di BPK Penabur

more...

Thursday, May 18, 2006

Serigala Tua

-A. De Mello Sj- Seorang yang sedang melewati hutan melihat seekor serigala yang sudah lumpuh keempat kakinya. Ia ingin tahu bagaimana serigala itu dapat hidup terus. Lalu ia melihat seekor harimau datang dengan membawa kijang hasil buruannya. Harimau itu makan sepuasnya dan meninggalkan sisa bagi serigala. Hari berikutnya Tuhan memberi makan serigala dengan perantaraan harimau yang sama. Orang itupun mulai mengagumi kebaikan Tuhan yang begitu besar dan berkata dalam hati: "Aku juga penuh kepercayaan kepada Tuhan, karena Ia akan mencukupi segala kebutuhanku". Ia melakukan niatnya berhari-hari lamanya, tetapi tak terjadi apa- apa. Ketika orang yang malang ini sudah hampir mati, terdengarlah Suara: "Hai, engkau, orang yang sesat, bukalah matamu pada kebenaran! Ikutilah teladan harimau dan berhentilah meniru serigala yang lumpuh!"


Di Jalan, aku melihat seorang gadis kecil menggigil kedinginan dalam pakaiannya yang tipis. Tiada harapan baginya untuk mendapatkan cukup makanan. Aku menjadi marah dan berkata kepada Tuhan: "Mengapa hal ini Kau biarkan? Mengapa Engkau tidak berbuat sesuatu?" Sementara waktu Tuhan tidak berkata apa-apa. Malamnya Ia menjawab dengan sangat tiba-tiba: "Aku telah berbuat sesuatu. Aku menciptakan engkau."

more...

Ruwet

www.lightbreakfast.com

"Tidak ada persoalan yang tidak bisa dipecahkan. Keruwetan masalah lebih banyak diakibatkan oleh kerumitan pikiran kita sendiri."
Ada sebuah cerita --barangkali lebih tepat anekdot-- yang singgah ke mailbox saya beberapa tahun lalu. Cerita ini menjadi salah satu cerita kesukaan saya. Tentang bagaimana sekelompok ahli sebuah lembaga internasional terkecoh dengan kerumitan pemikiran mereka sendiri. Alkisah, dalam rangka program pengiriman pesawat berawak ke antariksa, NASA melakukan berbagai macam persiapan. Salah satu problem yang segera harus dipecahkan adalah alat tulis yang akan digunakan para astronaut di luar angkasa. Ballpoint biasa yang ada sekarang ini tidak akan bisa digunakan dalam kondisi gravitasi nol. Proyek besar untuk menciptakan dilakukan dan NASA bekerja sama dengan Andersen Consulting untuk melakukan riset. Mereka menghabiskan dana sebesar 12 juta dollar untuk menciptakan sebuah pen yang akan bekerja dengan baik dalam kondisi gravitasi nol, dalam kondisi terbalik, bisa tetap menulis dalam air dan tahan terhadap suhu yang ekstrem, baik dalam suhu beku maupun panas 300 derajat celsius! Akan halnya dengan Rusia yang juga mempunyai program serupa, mereka tidak "seheboh" NASA. Mereka cukup membekali para astronaut mereka dengan pencil! Karena pencil akan tetap berefungsi sebagai alat tulis yang baik dalam berbagai kondisi yang diprediksikan di luar angkasa. Termasuk dalam keadaan gravitasi nol dan suhu yang ekstrem! Betapa murahnya dibandingkan riset seharga 12 juta dollar yang dilakukan NASA! Kita bisa belajar dari cerita di atas. Pertama, ada kecenderungan manusia modern berpikir terlalu kompleks sehingga melupakan hal-hal sederhana yang sebenarnya bisa dilakukan; kedua, cerita juga di atas menunjukkan bagaimana bahayanya kalau orang terjebak ke pola pikir "problem oriented" bukan "solution oriented". Pola pikir "problem oriented" akan menyeret kita ke dalam permasalahan secara detil dan melupakan fokus kepada bagaimana memecahkan persoalan itu sendiri. Jangan pernah mau terseret dan hanyut ke dalam persoalan, tetapi hadapi persoalan yang ada dengan tetap fokus kepada bagaimana menyelesaikannya. Cheers

more...

Monday, May 15, 2006

FILSAFAT BUAH

by: unknown 1. Jadilah Jagung, Jangan Jambu Monyet. Jagung membungkus bijinya yang banyak, sedangkan jambu monyet memamerkan bijinya yang cuma satu-satunya. Artinya : Jangan suka pamer 2. Jadilah pohon Pisang. Pohon pisang kalau berbuah hanya sekali, lalu mati. Artinya : Kesetiaan dalam pernikahan. 3. Jadilah Duren, jangan kedondong Walaupun luarnya penuh kulit yang tajam, tetapi dalamnya lembut dan manis. hmmmm, beda dengan kedondong, luarnya mulus, rasanya agak asem dan di dalamnya ada biji yang berduri. Artinya : Don't Judge a Book by The Cover.. jangan menilai orang dari luarnya saja. 4. Jadilah bengkoang. Walaupun hidup dalam kompos sampah, tetapi umbinya isinya putih bersih. Artinya : Jagalah hati jangan kau nodai. 5. Jadilah Tandan Pete, bukan TandanRambutan. Tandan pete membagi makanan sama rata ke biji petenya, semua seimbang, tidak seperti rambutan.. ada yang kecil ada yang gede. Artinya : Selalu adil dalam bersikap. 6. Jadilah Cabe. Makin tua makin pedas. Artinya : Makin tua makin bijaksana. 7. Jadilah Buah Manggis Bisa ditebak isinya dari pantat buahnya. Artinya : Jangan Munafik 8. Jadilah Buah Nangka Selain buahnya, nangka memberi getah kepada penjual atau yg memakannya. Artinya : Berikan kesan kepada semua orang (tentunya yg baik). 9. Jadilah Buah dada Selain bermanfaat buat anak, buat bapaknya juga Artinya : Sekali pukul dua2nya dapet! hihihii...

more...

Friday, May 12, 2006

oh Indonesia

by: unknown Pernahkah ketika anda masih SMA pergi ke Club atau Diskotik ?.. saya pernah ! dan bangga banget ! Pernah ke New York City ?.. my city ! tapi bete ama bouncer-nya gak boleh masuk gara-gara umur waktu itu masih 20 lebih 9 bulan ! Damn, I Love Indonesia, lebih bebas ! Sapa bilang Amerika negara bebas ??? Pernahkan anda melihat (atau merasakan sendiri) sekelompok anak muda minum bir ?... wah bukan pemandangan aneh di parkiran Circle K Bandung ! every single store ! Tau Texas ? Kota yang ngga boleh minum alkohol sembarangan kan ? mending di Bandung, atau di Jakarta, mau mabok sambil nyetir juga boleh ! Pernahkah anda membeli majalah yang porno, setengah porno -apapun sebutannya- yang covernya adalah wanita berbikini dengan headline 7 Trik Liar Di atas Ranjang ? Kupu Kupu Malam Kota Solo dan majalah yang setiap edisinya tidak pernah luput dari kata Mr. Happy ? ... Ngga tuh (Bohong !! Liat ada apa di bawah kasur ? yang diumpetin di lemari ? Bagasi mobil belakang) Di mana anda beli majalah Playboy ? atau majalah sejenis itu ?.. sebelum ke kantor di tukang koran, dan bangga banget punya playboy karena ngga usah subscribe kaya di Amerika, aneh padahal negara USA produsen-nya kok mereka ribet banget sih, harus liatin ID segala ? di Indonesia di emperan juga ada, dimana aja yang penting hati bangga ! Siapa yang bangga ada majalah Playboy Indonesia ? Siapa yang bangga dengan Cosmopolitan Indonesia ? Ya orang Indonesia, mereka bangga ! Playboy pertama di Asia Tenggara !! (tapi kok di Malaysia malah ngga ada,malahan di Singapore majalah sekelas Cosmopolitan aja dibredel ? mereka bodo banget deh) Kita seneng deh mengadopsi semua hal dari luar negeri ! Siapa yang suka nonton plagiatnya Saturday Night Live ?... Gila lucu banget ya ? Lucu mana dengan Indonesia yang suka niru ? Siapa yang BENCI Amerika ???... KITA ORANG INDONESIA BENCI banget Amerika, makanya kita memilih dan senengggg banget minum Pepsi, Beli Mc.D, Pake HP Motorola, Nonton film Hollywood, Beli I-Pod, Ngopi di Starbucks, Nonton Desperate Housewives, Ikutan Test TOEFL .. Siapa benci Eropa ? dan hal yang kebarat-baratan ? ... Kita deh sebagai Orang Indonesia, makanya kita belanja di Mall yang gaya eropa banget, Belanja baju di Mango, Makan Steak, Melakukan free sex biar kaya James Bond dan Matahari (anda pasti tau dong siapa dia kalau anda bisa berkomentar tentang RUU APP) kita juga sebel banget dengan hal yang kebarat-baratan apalagi eropa, makanya kita pake handphone Nokia dan mobil BMW. Mau ngga jadi tuan rumah Miss Universe ?... DI INDONESIA ??? KAPAN ??? SERU BANGET TUH !!! aduh banyak cewek kece pake bikini. Udah malem finalnya di Indonesia aja, daripada di amerika kan udah ditolak, di Puerto Rico kan kemaren males jadi tuan rumah, lagian bukannya sekarang Tuan Rumah Miss Universe sedang dilempar ke negara miskin dan third world karena dianggap basi ama Amerikanya sendiri?? Indonesia sih pasti seneng banget dan bangga banget jadi buangan tuan rumah Miss Universe ! Pilih masuk AFI atau jadi juara Olimpiade Fisika ? ... AFI dong, kondang bo ! kalau bisa semua masuk reality show! Olimpiade Fisika ngapain ? paling direkrut ama Singapore atau Jerman, duh pendidikan itu ngga penting di Indonesia .. yang penting outlook, mudah membual, nepotisme.. kalau mau terlihat berpendidikan berlagak sok pinter aja.. asal lo bisa bual tentang playboy, RUU APP, meski belum tentu bener, yang penting ngomong ! Suka Infotainment? ... duuh kita sebagai orang Indonesia tuh seneng banget gila kalau ngomongin orang yang jelek-jeleknya.. Kita selalu haus dengan terbukanya Aib, daripada kaya Singapore yang malah bangga dengan National Geographic ? apa gunanya ? Kalau E! chanel suka ?.. duh cable masih jarang sih di Indonesia,di Pedesaan belom masuk.. jadi kita ngga tau.. lagian acaranya ngga mutu ya ngomongin artis dari sisi glamour dan kreatifnya doang, kurang ngomongin aib ! Cinta Produk Indonesia ?.. duh Soeharto banget sih jamannya ACI, gih ke malaysia aja yang produk lokalnya lebih kepake dari pada Pierre Cardin, Hugo Boss, Esprit, U2 .. kita lebih suka negara kita "terjajah" dan dibanjiri produk asing ..emang kita Jepang yang produktif ? lebih hebat kita dong, Indonesia yang selalu konsumtif tanpa jadi produktif, ampe minyak aja impor kita negara terkaya di dunia ! Bisa menari atau menyanyi khas Indonesia?..bisa, aku bisa breakdance dan ngerap pake bahasa Indonesia Apa itu Indonesia ?.. Jawa minus Jawa Barat selebihnya negara tetangga, presiden jawa, menteri jawa, pejabat militer jawa, yang bukan orang Indonesia ngga boleh jadi presiden Jakarta itu apa ?. Ibu Kota, pusat ekonomi, pusat bisnis, pusat pemerintahan, pusat indutrsi, pusat belanja, pusat hiburan, semua terpusat disini deh, ada Taman Mini Indonesia juga makanya untuk apa peduli ama Indonesia yang luas ? yang mini-mini aja dulu .. Tau fungsi dari New York City, Washington D.C, Los Angeles (Hollywood), Nebraska, Texas di Amerika ? .. aduh maaf pengetahuan kita terbatas, emang apaan sih ? lagian kita tuh benci banget Amerika meski kita baca Playboy (dijawab dengan muka malu) Dimana letak Bali ?.. deket Indonesia Apa arti Bhineka Tunggal Ika ? biar beda dipaksa satu ! tidak ada perbedaan, yang ada penyatuan, negara hebat kan bisa mempersatukan yang beda ?? WOW Ada apa di program TV Indonesia selain beritanya ?.. ada acara yang semua acaranya bisa didapet di TV-TV lain, pokoknya sejenis semua, ya Bhineka Tunggal Ika tadi.. kita kan lebih peduli rating (ssst! jangan bilang-bilang orang ya, tapi kita selalu punya pembenaran yang bisa bikin orang percaya kok) makanya orang Indonesia pinter-pinter kan ? bisa menjadi negara yang melesat padahal ngga punya landasan .. Siapa sih yang bisa jadi Puteri Indonesia ? Itu loh yang bisa bilang negara Indonesia memiliki keanekaragaman budaya! pinter banget kan dia jawab kaya gitu ? dia berpikir keras bahwa cuma Indonesia yang punya keanekaragaman budaya.. negara lain emang ada ? eh .. atau si Puteri belum pernah ke baca buku ? dia hobby dandan sih ! atau si Puteri belum pernah ke keluar negeri ya ? nah makanya dia disebut Puteri Indonesia yang Indonesia banget !

more...

BELAJAR UNTUK DIAM

(Zen Flesh, Zen Bones)
Ada empat murid yang bermaksud melakukan meditasi keheningan selama tujuh hari di sebuah biara. Semasa masa meditasi mereka semua sepakat untuk tidak saling berbicara. Pada hari pertama, semuanya diam. Meditasi mereka berlangsung khusyu. Namun ketika malam mulai tiba, nyala lampu lampion menjadi remang-remang. Salam seorang murid tidak bisa menahan diri dan berteriak pada pelayan biara, "Pelayan, tolong betulkan lampu itu." Murid kedua heran mendengar suara temannya. Ia lalu berbisik, "Ssstt, bukankah kita tidak boleh berbicara." Melihat hal ini murid ketiga menegur, "Kalian berdua bodoh sekali. Mengapa kalian berbicara?" Murid keempat tersenyum-senyum sendiri, "Hm, sayalah satu-satunya yang tidak berbicara," katanya menyimpulkan. Terkadang di saat kita menertawakan kesalahan orang lain, kita pun sedang melakukan kesalahan yang sama. (Zen Flesh, Zen Bones) Have a positive day!

more...

Thursday, May 11, 2006

Get anything you need and wish REAL fast

You want something ? You need something ? Right now I am going to revel one of the techniques that can really make your wish come true, real fast. The method is caled "You go first !" Similar to "Whatever you give, you will receive." If you need $$, start "giving" $$ - By spend on whatever is necessary. Do not "refrain from spending" - It will make your situation worse. You need love ? - Start loving people then ! You need help ? Start helping your friends, relative and even colleagues ! Help will soon comes to you. The "Behind the scene" working mechanism is voiced down to ONE simple law - "Law of attraction" T What I want to tell you is the gist of "What Works". I have tried this technique all these while, and VERY importantly - IT WORKS ! I used to help one of my friend when he was in need "WHOLE - HEARTEDLY". - To the extend that it had affected me. But I still persisted on. Since then, this friend of mine remains as one of my closest buddy. He will stand out and be the first to offer his help whenever I am in need of help. This is really fantastic to know that inorder to get help in time we need, we should start helping others NOW When I used the word "Give" - it doesn't mean that you will lose something. Usually it is a multiplying effect, just like lending your lit candlle to someone else, you will light up MANY other candles WITHOUT affect yours :) (But I could not explain enough that we should "GIVE Whole-Heartedly" i.e. without any motive upfront or expect any returns. If not your act will become a calculated act which is counter effective to what you wish to have) Action points : 1. Decide what you want (eg. More Friendship) 2. Start "giving" whatever you want / need 3. Receive whatever you wish with a "Thank-you" attitude Try it out and let me know the results. I know it works, I want to know how WELL it works for you ! Cheers

more...

Apa yang dijual oleh MCDONALD'S

Pada tahun 1974, Ray Kroc, pendiri McDonald's, diminta bebricara di depan kelas MBA di University of Texas, di Austin. Ceramah itu sangat luar biasa dan memberikan inspirasi bagi para pendengarnya. Seusai ceramah para murid menawari Ray untuk bergabung bersama mereka di tempat mereka biasa mangkal untuk minum-minum. Ray menerima tawaran itu dengan senang hati. Setelah masing-masing mendapatkan sebotol minuman, Ray mengajukan pertanyaan, "Tahukah kalian bisnis apa yang sesungguhnya saya geluti?" Semua orang tertawa mendengar pertanyaan itu. Para mahasiswa itu mengira Ray hanya bergurau. Karena tak seorang pun mau menjawabnya, Ray kembali bertanya, "Menurut kalian, sebenarnya saya ini berbisnis apa?" Para mahasiswa itu tertawa lagi. Akhirnya salah seorang dari mereka yang pemberani berteriak, "Ray, orang mana di dunia ini yang tidak tahu bahwa anda berbisnis hamburger?" Ray tertawa kecil. Katanya,"Saya sudah menduga bahwa kalian akan mengatakan hal itu." Dia terdiam sejenak lalu berkata dengan cepat, "Saudara-saudari sekalian, sebenarnya saya tidak berbisnis hamburger. Bisnis saya adalah real estate." Lalu Ray dengan panjang lebar menjelaskan bahwa memang benar fokus bisnis Ray adalah menjual waralaba hamburger. Namun, dia meyakinkan bahwa faktor paling signifikan dalam keberhasilan bisnisnya adalah real estate dan lokasi. Pada dasarnya orang yang membeli waralaba juga membayar atau membeli tanah di bawah waralaba untuk perusahaan Ray Kroc. Perhatikan, sekarang ini McDonald's adalah pemilik tunggal real estate yang terbesar di dunia. McDonald's kini memiliki beberapa perempatan dan sudut jalan paling berharga di Amerika, dan juga di bagian-bagian lain di dunia. Terkadang apa yang paling laku terjual bukan sesuatu yang paling berharga. Ray Kroc sangat cerdik mampu melihat apa yang tak kalah berharga ketimbang rahasia bumbu hamburgernya. (Diambil dari buku Rich Dad, Poor Dad, Karya Robert T. Kiyosaki) Have a positive day!

more...

Monday, May 08, 2006

Computer Bed

Bayangin deh kalo kita punya meja komputer skaligus tempat tidur kaya disamping ini... pastinya bakalan seru banget yah.. apalagi buat kamu yg nge-kost... tau deh yang "hemat" ruangan Cheers

Link more...

Sunday, May 07, 2006

2 good 2 be true...

Hey guys, bisa bayangin kalau kamu punya porn company?? so what are you waitin then?

more...